Sabtu, Januari 23, 2016

Bolu cup sederhana

 

Di dapur hanya ada telur,tepung gula,minyak,dan mentega...Mau keluar ada anjing liar lg nongkrong,takut lewat akhirnya jadi males ke toko untuk beli bahan tambahan.Akhirnya jadilah bolu yg sederhana.
Its not perfect,but so tasty and homey bgt... Aku bagikan resepnya ya,siapa tahu berguna walau sederhana.

Bahannya pun gak pake timbangan,hanya takaran Sendok

10 sendok gula pasir
10 Sendok tepung terigu
10 Sendok minyak
2 telur
2 Sendok blue band ( lelehkan diwajan jangan sampai mendidih)
Vanili(aku skip ya krn kosong didapur)

Cara membuat :

Telur + gula dimixer sampai putih lalu masukkan terigu sedikit demi sedikit dan campur rata.Hati-hati mengaduk adonan jangan terlalu kencang
Terakhir masukkan minyak dan mentega leleh,

Masukkan ke cup2 muffin.

Untuk 6 cup

 

 

Sabtu, Desember 21, 2013

Bakso Udang tahu

           Anak2 sering aku buatkan bakso udang di rumah.Selain terjamin kebersihannya,  membuatnyapun sangat simple.Tapi supaya nggak bosan,adonan bakso udangnya aku campur tahu.Jadi rasanya nggak monoton udang saja.

Yang perlu di persiapkan
Bahan adonan bakso:
Tepung terigu 2 sendok makan
Tepung kanji 1 sendok makan
Tahu,3 persegi panjang
Udang 1/4 kg+3 siung bwng putih,haluskan/blender !
garam secukupnya

kuah :
3 siung bawang putih,geprek + cincang halus
4 siung bawang merah ,cincang kasar
garam secukupnya
daun bawang ( jika tdk ada ,bs di ganti bawang pre )
sejempol jahe ,Geprek !

Cara membuat :
Campur semua bahan adonan bakso ,sisihkan
Lalu rebus air sampai mendidih
tumis bawang putih dan bawang merah sampai harum lalu masukkan jahe.
Hasil tumisan tadi masukkan ke air mendidih.
Adonan bakso siap di masukkan ke kuah,lakukan dengan 2 sendok dan bentuk bulat2 tidak sempurna ( hihi,ini cara aku agar tidak menyita waktu ).
Jika bakso sdh muncul ke permukaan kuah ,tambahkan bawang pre.
Bakso siap di hidangkan...










Senin, Januari 16, 2012

Sayur Bobor



Gak punya ide hari ini mau makan siang dengan apa ?
Mungkin Sayur bobor bisa jadi menu pilihan disiang hari.
Sayur bobor buatanku tidak melulu daun bayam aja atau daun singkong aja.
Ditambahkan jagung manis dan waluh lebih kaya rasa dan gizi.
Bahan2 yang perlu disiapkan adalah :

* Bahan 1 :
Bwng putih
Bwng merah
Daun salam
Kencur
Kemiri
Gula sesuai selera,secukupnya
Garam secukupnya

* Bahan 2 :
Daun singkong/daun bayam
Jagung manis,segenggam tangan
Waluh ,segenggam tangan
Tempe busuk kalau ada ,dan sebaiknya dikukus dahulu supaya tidak menimbulkan bau sabun.
Santan,kental encernya sesuai selera

Cara memasak :
Godok daun singkong/bayam.Lalu tiriskan dan dinginkan
Setelah daun singkong dingin,di rajang besar-besar.
Siapkan air mendidih sambil menguleg Bahan 1 sampai halus.
Masukkan Bahan 1 yg sdh halus tadi ke dalam air mendidih.
Masukkan pula jagung manis ,waluh dan tempe busuk.
Bila jagung sudah lunak,terakhir masukkan rajangan daun singkong .

Kalau aku biasanya ikan pindang,atau ikan cakalan bumbu merah paling cocok untuk  teman sayur bobor.
Kalau anda sukanya gimana ?






Minggu, Januari 15, 2012

Cerita di tengah Januari

            Di sore tepatnya hari Sabtu 14 jan 2012,aku dan anak2 berkumpul berbincang2 dan bersendau gurau.Suasana dingin karena hujan seharian membuat aku dan mereka saling merapatkan badan.
Dea,anak pertama-ku duduk bersila sambil sedikit ditumpangkan kakinya ke adik Vini.
Sedangkan aku rebahan , sambil memeluk si Vini yg juga dalam posisi tidur.
Tak lupa kaki ini kuselonjorkan sehingga telapak kaki menempel ke badan Dea.

            Tidak ada pisang goreng atau teh hangat,tapi suasananya benar2 terasa manis dan hangat.Si Dea yg 14 tahun ingin di ceritakan tentang bagaimana aku dan papanya bertemu pertama kali.
Rasa penasaran gadis remaja-ku itu membuat aku terus terpancing untuk bercerita sambil aku sendiri mengenang indah masa lalu...
Ketika sampai pada cerita " Papa "nembak" mama dimana ya ?" kok mama lupa....hahaha
... yang mama ingat waktu itu semuanya indah,jadi mama lupa kapan " nembaknya '. 


          Terlalu sering mengeluarkan kata2 "menembak",tanpa disadari anak laki-lakiku ,Vini Ksatria yg masih berumur 4 tahun itu menyeletuk " Ma,nanti aku kasih pistol buat mama ,buat papa juga .
biar papa bisa nembak.....".Nyerocoslah si Vini dengan imaginasinya sendiri.

.Hahahaha...aku dan kakaknya tertawa terbahak2 ,sedang si Vini masih dg mimik muka bingungnya tapi akhirnya ikut tertawa juga tanpa dia tahu apa yang membuat dia ikut tertawa.

Lalu aku menjelaskan pada anak kecil ganteng itu kalau "menembak" yang seperti mama bilang tadi itu bukan arti yang sebenarnya.Si Vini hanya bilang Oooo...hehehehe.

Nggak hanya sampai disini kehangatan kami bertiga,Dea yang masih penasaran "kapan dan bagaimana aku di "tembak" papanya,terus mendesakku untuk mengingat2. "
Nanti aja dech,kita cerita2 lagi kalo ada papa.kan lebih seru !" Suamiku nggak bisa menemani kami karena pekerjaannya di Bali.
Dan aku saat ini mengunjungi rumah ibu di Jember.

"Lagipula mama kan lagi hamil nak, jadi hormon"lupa"nya sedang meningkat nich..hehehe"(membela diri,padahal kl nggak lagi hamil memang pelupa :) )

           Tiba-tiba Ya Allah...cerita masa lalu pada anak-anakku membuat aku terharu,mengingat dan bersyukur pada-MU .Dan bahwa dari  awal bertemunya aku dan suami ,akhirnya terbinalah rumah tangga kami yang melahirkan anak2 lucu.
Nggak terasa ya,aku dan suamiku melalui banyak hal suka dan duka.
Nggak terasa pula aku meneteskan air mata bahagia.

" Mama menangis ya ? " Dea menyelidiki.
Aku jawab jujur ya dan mengatakan padanya kalau mama menangis bahagia
"Coba ada papa di rumah eyang ya,pasti lebih lengkap ceritanya.

Lalu aku menyuruhnya pergi mandi karena sudah sore dan melanjutkan tangisku...hiks.Biasa,perempuan kan cengeng hehe...(tp aku memang cengeng bgt )
       Sambil memeluk si Vini yang masih didekatku,aku mengusap air mataku. "Mama menangis ya,ngga ada papa ya ?" si Vini mengelus-elus rambutku.

Anak laki-lakiku itu memang sangat perhatian dan sedikit romantis.Aku tahu sejak dia berumur 8 bulan sudah sering bersikap romantis hehe....yang punya anak laki-laki pasti juga pernah mengalami-nya.
Itu mungkin ya,yang namanya naluri sejak kecil hehe...

 " Mama nggak usah menangis lagi,kan ada yang ganteng disini " Vini selalu menyebut laki-laki dengan "yang ganteng"
"Siapa yang ganteng ?" aku sedikit samar2 mendengar ocehan anak itu,karena sibuk mendengarkan suara tangisku sendiri.
Antara percaya dan tidak percaya aku bertanya lagi.
"Siapa yang ganteng dik ?"
"Ini mas Vini" katanya sambil menunjuk dadanya sendiri.
"Sudah ya,mama jangan nangis lagi ya?" katanya sambil mengusap-usap rambutku.
Ya Allah...Alhamdulillah....Aku semakin bersyukur kau karuniai anak2 yang lucu dan pintar.

Minggu, Mei 08, 2011

HARI IBU (Happy Mother's Day)

 Setiap tgl 22 Desember bangsa Indonesia merayakan hari Ibu.
Amerika,Canada dan negara besar lainnya didunia pada setiap Minggu ke-2 bulan mei merayakannya juga sebagai  wujud terima kasih pada semua ibu atas apa yg mereka lakukan.Bahkan Google-pun berharap lewat Doodles, merayakannya dengan mengganti logo setiap tahunnya.Mau tahu logo Doodles tahun ini untuk ibu di mana-mana

Cantik ya...kita persembahakan untuk ibu kita juga yuk...karena bagiku ibu ada di hati setiap hari,setiap waktu,sepanjang jaman....
Al-Quran juga sudah menuturkan agar supaya kita selalu menghormati dan menghargai ibu (surat Luqman ayat 14)
"Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapanya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepadaKu dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu." (Al Qur'an, 31:14)"
Nabi Muhammad juga pernah ditanya "Siapa yang kau lebih kau Cintai, ibu atau ayahmu ?
Beliau menjawab 3 kali untuk ibu,dan 1 kali untuk ayah.


Jumat, April 29, 2011

Aplikasi Face Warp


Ceprat-cepret ! anak2 tetanggaku berebut minta difoto.Dengan antusias mereka meng-ekspresikan gaya tubuh dan wajah mereka.Bak model mereka percaya diri...lalu mereka minta lihat hasilnya padaku.Kutunjukkan ke mereka ,apa yg terjadi ? ada satu anak yg ketakutan,tetapi anak yng lain merasa lucu.Untung akhirnya satu anak yg tadi ketakutan, ikut merasa ini adalah hal yg lucu.Hmmh ,alhamdulillah,,,,ngak jadi bikin nangis anak tetangga...O iya,iseng2ku ini menggunakan FaceWarp,salah satu aplikasi Sony Ericson K750i yg aku download di http://wap.getjar.com

Apakah wajah  mereka tampak buruk rupa ? atau  lucu ? terserah deh,tegantung cara pandang masing2 orang.

Kamis, Agustus 26, 2010

Upside Down Writing atau Membuat Tulisan Terbalik

Buat kejutan pada teman dg membuat tulisan terbalik.Mereka pasti akan memiring2kan kepalanya ingin tahu apa yg kita tulis.Bisa jadi mereka akan jungkir balik juga kayak tulisan itu sendiri...hihihi.Sebelum anda ngerjain orang lain...baca ini dulu dari KANAN dan dilarang dari  kiri !!
        ıuı ʞuıl ʞılʞ nƃɐɹ uɐƃuɐɾ ¿ uɐɹɐsɐuǝd ¿ ʞılɐqɹǝʇ uɐsılnʇ uıʞıq ɐʎuɐɹɐɔ ɐuɐɯıƃ <
http://www.sherv.net/flip.html

Senin, Agustus 23, 2010

Belajar Matematika Gasing

            Ternyata belajar Matematika itu Gasing (Gampang,Asyik dan menyenangkan).Selama ini orang2 tertentu saja yg menyenangi pelajaran ini.Dan jika seseorang dianggap bisa menyelesaikan tugas matematika dg baik &benar,maka orang tersebut sudah dianggap pandai bahkan semua orang memvonisnya si"Pandai.Lalu bagaimana dg seseorang yg susah sekali mempelajari apalagi menguasai pelajaran ini.Tentu banyak orang mencibir orang tersebut dg si "Bodoh".Akhirnya memang manusiawi kalau manusia mengakui bahwa mereka mempunyai 2 sifat,Pandai dan Bodoh.
            Anggapan klasik yg akan menyengsarakan setiap orang untuk tidak berusaha."Aku bodoh","Kamubodoh'atau "Dia bodoh",kata2 itu akan terngiang2,sampai akhirnya orang tsb benar2 tidak Pe-de.Bukankah hal ini jg salah satu warisan bekas bangsa penjajah dulu ?
Tetapi  ...tenang dulu...tenang...jangan berputus asa dg anggapan seperti ini.Ada Pejuang baru di dunia pendidikan ,Prof Yohanes Surya PhD yg sudah menepis anggapan tsb bukan hanya dg kata2.
Mau tau apa yg di perbuatnya ?
Dia minta dikirimkan beberapa anak terbodoh di Papua untuk di didik di Surya institut yg dibangunnya bersama para pengajar yg ahli matematika,geometik dan fisika.Alhasil 27 anak Papua terbodoh tersebut menjadi jago matematika setelah di gembleng 10 bulan.Bahkan,ada bbrp yg di ikutkan Olimpiade tingkat Nasional.
            Banyak yg tertarik ikut program GASING-nya pak Surya,terutama para orang tua yg ingin anak2nya sukses di dunia pendidikan.Bahkan rencananya selain para guru yg ingin belajar metode Gasing ini,ibu2 rumah tangga,ibu2 PKK dan ibu2 arisan di DKI dan Jabarpun  akan dapat transferan ilmunya Pak Surya.
Bangsa Indonesia seharusnya bangga dan memberi penghargaan untuk Bapak yg satu ini karena dia benar2 berdedikasi di dunia pendidikan dan menjadikan pandai banyak orang di Indonesia.Setuju ?
Ingin mengetahui lebih banyak tentang guru yg banyak memberikan "surya" bagi dunia pendidikan di Indonesia ,kunjungi www.yohanessurya.com

Kamis, April 29, 2010

Kasus perkosaan anak di Denpasar Bali

Akhir-akhir ini masyarakat Denpasar dikejutkan dengan kasus penculikan dan perkosaan yg dilakukan orang2 tak bertanggung jawab dan bermoral bejat.Awalnya saya berpikir knp laki2 pemerkosa itu tidak beli saja.Toh bnyk yang murah... Atau kalo mereka memang tidak sanggup beli,ya hutang saja dulu atau saya deh yg bayarin.Lha dr pd mereka merusak masa depan anak 2 dibawah 10 tahun.Mgkn mending kita merestui laki2 itu untuk ke tempat pelacuran saja !

Rabu, Maret 10, 2010

                 Hai Pemuda

Rakyat menantimu
Bangsa menunggumu
Mana hasil karyamu
Bersemangatlah !
Berbuatlah !
Berdayagunalah !
Berjuanglah !
Berkorbanlah !
Berkreasilah !
Dan Berkaryalah !
Jayakan Negeri kita !

Total Tayangan Halaman